citra digital

Sebenarnya 16 juta warna itu masih kurang banyak . Total ada 16,777,216 warna atau hampir 17 juta.

Di kebanyakan layar gadget terkini, layar LCD-nya tersusun dari sekumpulan piksel warna yang tiap pikselnya terdiri dari tiga elemen warna yaitu merah (Red), hijau (Green) dan biru (Blue) atau biasa disebut dengan RGB. Bahasa gampangnya sih setiap warna yang tampil di layar gadget kita itu adalah hasil kombinasi dari ketiga warna itu: merah, hijau, dan biru. Apapun itu warnanya. Gabungan dari ketiga warna itu, secara sempurna akan menghasilkan warna putih.  Karena putih adalah gabungan dari setiap warna dasar.

Sistem warna RGB

Masing-masing dari R, G, dan B itu, direpresentasikan dalam 8 bit data. Maka, keseluruhan untuk R, G, dan B membutuhkan 8x3 = 24 bit data. Karena itu lah sistem warna RGB disebut juga sistem warna 24 bit atau bahasa sundanya 24 bit color system.

Bilangan binner .Perhatikan gambar berikut!

ilustrasi bilangan biner
Seperti di atas, masing-masing warna butuh 8 bit data. Bit-bit itu bisa diibaratkan kotak-kotak, persis seperti gambar diatas. Nilai dari kotak-kotak itu cuma ada 2 kemungkinan, dan 0 ya 1, nggak ada nilai selain itu. Cara ngitungnya begini:


Mulai dari angka paling kanan, kalo angkanya 1, maka nilainya adalah 1*2^0 = 1. Angka selanjutnya, kalo angkanya 1, maka nilainya adalah 1*2^1 = 2. Nah selanjutnya kalo nemu yang angkanya 0, ya kalikan aja dengan 0. Selanjutnya sampai angka ke 8. Nilai akhirnya adalah hasil penjumlahan dari semuanya.

Nah kalo semua angkanya 0, nilainya ya 0. Tapi kalo semua angkanya 1, nilai totalnya jadi 255. So, cakupan nilainya adalah dari 0 sampai 255, atau ada 256 nilai warna. Itu untuk masing-masing warna R, G, dan B.
Jika R punya 256 kemungkinan, G juga 256 kemungkinan, dan B 256 kemungkinan juga, maka ada berapa macam kombinasi yang mungkin?

Jawabannya adalah: 256x256x256 = 256^3 = 16,777,216

Itulah asal mula kenapa bisa dapat 16 juta warna yang banyak banget itu. Alasan kalo semakin banyak warnanya, akan semakin bagus kualitas tampilannya, jadi makin tampak nyata gitu loh. Gradasi warnanya jadi lebih halus. Coba deh bandingkan tampilan gadget kamu yang terbaru dengan yang jadul yang masih pake warna 16 bit atau 65 ribu warna (biasanya di handphone N*kia jadul), kerasa donk bedanya.

Logikanya sih begitu. Tapi dengan teknologi sekarang yang "cuma" 16 juta warna aja kyknya udah lebih dari cukup deh bro. Karena mata manusia udah nggak bisa bedain lagi. Gambarannya gini deh:

Kotak 1

Kotak 2
 Kotak 1, saya buat dengan RGB 200, 20, 180. Sedangkan Kotak 2 saya buat dengan RGB 210, 20, 180. Sekilas tampak tidak ada bedanya ,Nah itu dia makanya teknologi 16 juta warna sudah cukup mumpuni. Tapi tidak menutup kemungkinan nanti akan dibuat sistem warna yang lebih kaya.

Sebenarnya ada sistem warna lain yang sering dipakai pada ada CMYK ( Cyan magenta yellow black) .Tapi sistem warna itu jarang dipakai untuk layar monitor atau gadget. Sistem warna CMYK lebih sering dipakai untuk printer.


Postingan populer dari blog ini

teknik kompilasi

tugas 1 teknik kompilasi